BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari paket program akademik
Fakultas
Tarbiyah IAIN Ar-Raniry guna melatih dan mendidik mahasiswa calon guru
menuju
pembangunan guru melalui Program Pendidikan Guru secara Profesional.
Untuk
mengenal lebih dekat dan langsung, dengan melakukan Praktek Pengalaman
Lapangan
(PPL) merupakan suatu ukuran keberhasilan calon guru setelah mendapatkan
pengalaman mengajar sebagai bekal untuk tujuan yang telah tetap.
SMAN 12 Banda Aceh merupakan salah satu
lembaga pendidikan di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan
(DEPDIKBUD) yang menampung mahasiswa praktikan dari Institut Agama Islam
Negeri
(IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh penetapan mahasiswa praktikan pada sekolah
tersebut
dilaksanakan pada tanggal 06
Oktober 20110.
Dengan
demikian umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
berorientasi pada
kegiatan proses belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i calon guru,
dimana
kegiatan ini mencakup dalam kegiatan belajar mengajar (teaching)
baik itu terbimbing maupun mandiri dan tugas-tugas
keguruan lainnya (non-teaching)
sebagaimana yang dituntut dalam profesi keguruan yang bertujuan untuk
kemajuan
dan keberhasilan pendidikan terhadap sasaran yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu tercapainya
kepribadian
seorang guru.
B. Tujuan
Adapun
tujuan umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah
memberikan
kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk memperoleh pengalaman nyata
dalam
mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar dan
memantapkan
sikap profesional keguruan selain dari pada itu profesional guru dalam
hal
pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
Di
samping tujuan umum pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga
mempunyai tujuan khusus yaitu, dimana tujuan khusus ini dapat
diklasifikasikan
atas 3 (tiga) kelompok :
1.
Aspek Pengetahuan
Mahasiswa calon guru diharapkan untuk dapat
memiliki kemampuan pengetahuan teoritis yang berkaitan dengan belajar
mengajar.
2.
Aspek Keterampilan
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki
keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek
lapangan teaching dan non-teaching.
3.
Aspek Sikap
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki
komitmen
terhadap tugas-tugas profesional antara lain menyelesaikan diri dengan
tuntutan
profesional yang semakin berkembang.
C. Waktu dan
Tempat
Adapun
waktu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama dua bulan
yaitu
sejak tanggal 06 Oktober 2010
sampai dengan 10 Desember 2010, sedangkan tempat
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu di SMAN 12 Lampineung Banda
Aceh.
BAB
II
KEGIATAN
–KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN
(PPL)
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah
Jurusan
Tadris Pendidikan Agama (TPA) Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry
Tahun
Akademik 2010/2011
dilaksanakan mulai tanggal 06 Oktober 2010 sampai dengan 10 Desember 2010.
Pada
tanggal 06 November 2010 mahasiswa praktikan
diantar oleh Dosen Pembimbing (Supervisor),
Fatimah.ibd.M.Si ke SMAN 12 Banda
Aceh dengan sambutan
penuh ramah tamah dari kepala sekolah, guru-guru dan siswa-siswi di
sekolah
tersebut.
A. Observasi
Lapangan
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai mata kuliah persyaratan di
Fakultas
Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Observasi Lapangan dilakukan di SMAN 12 Banda
Aceh
pada tanggal 06 November 2010 dengan terjun
langsung kelapangan, yaitu melihat langsung guru, siswa-siswi dan
fasilitas
sekolah. Hal-hal yang diamati antara lain sebagai berikut :
a.
Keadaan
Fisik Sekolah.
Saat
ini berada Fasilitas yang ada di sekolah SMA Negeri 12 Banda Aceh
tersebut
antara lain :
1. Luas tanah
: 9.998 m2
2. Jumlah ruang kelas
: 19 ruang/kelas
3. Ukuran ruang kelas
:
7 x 7 m2
4. Bangunan lain yang ada
a. Ruang kepala sekolah : 4 x 3
m2
b. Ruang dewan guru :
8 x 10 m2
c. Ruang Bimbingan Penyuluhan :
9 x 7 m2
d. Ruang tata usaha :
7 x 7 m2
e. Ruang perpustakaan : 7
x 10 m2
f. Aula tempat shalat
:
7 x 10 m2
g. Ruang guru PPL :
8 x 10 m2
h. Ruang tunggu : 7 x 7 m2
i. Ruang waka sek :
4 x 3 m2
j. Ruang kurikulum :
7 x 7 m2
k. Ruang pengajaran : 9 X
7 m2
l. Ruang UKS :
10
x 9 m2
m. Ruang Osis
: 7 x 7 m2
n. Kantin : 10 x 10 m2
o. Toilet : 4 x 4
m2
5. Lapangan olah raga (jenis dan ukuran)
a. Lapangan Bola Volley
: 25 x 25
m2
b. Lapangan basket :
25 x 25 m2
b.
Keadaan Lingkungan Sekeliling Sekolah
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
adalah :
·
Sebelah
depan :
Jalan T. Nyak Makam
·
Sebelah
kanan :
Kantor BKPP NAD
·
Sebelah
kiri :
Bekas Sekolah SMK N 2 Banda Aceh
·
Sebelah
Belakang :
Kantor PDAM dan SMKK
2. Kondisi
lingkungan sekolah
Kondisi
lingkungan sekolah Sangat baik, nyaman, aman, dan tenang (tercakup dalam
6 K)
c. Fasilitas Sekolah
1. Perpustakaan
: 1 buah / permanen / baik
2. Ruang
belajar
: 19 buah / permanen /
baik
3. Ruang
tata usaha
: 1 buah / pemanen / baik
4. Ruang
BP
: 1 buah / permanen / baik
5. Ruang
kurikulum
: 1 buah / permanen / baik
6. Ruang
serbagguna
: 1 buah / permanen / baik
7. Ruang
kepala sekolah
: 1 buah / permanen / baik
8. Ruang
WaKa Sek
: 1 buah / permanen /
baik
9. Ruang
dewan guru
: 1 buah / permanen / baik
10. Ruang
guru PPL
: 1 buah / permanen / baik
07. Ruang
tunggu
: 1 buah / permanen /
baik
12. Ruang
Pengajaran
: 1 buah / permanen / baik
13. Koperasi
atau kantin
: 2 buah / permanen / baik
14. Toilet
: 4 buah /
permanen / baik
15. Múshala
: 1 buah / permanen / baik
16. Ruang
Osis
: 1 buah / permanen /
baik
17. Ruang
percetakan :
1 buah / permanen / baik
18. Parkiran
: 1 buah / baik
d.
Penggunaan Sekolah
Jumlah sekolah yang menggunakan sekolah
ini : satu sekolah yaitu SMAN 12 Banda
Aceh
e.
Guru dan Siswa
1. Jumlah guru : 57 Orang (42 guru tetap PNS, 7 guru Bantu, guru kontrak 1
orang dan 7 guru honorer)
2. Jumlah siswa
seluruhnya : 573 Orang , Laki-laki 282 orang
dan perempuan 313 orang.
2. Keadaan
lingkungan yang mengelilingi sekolah :
a. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
Ø Perumahan
masyarakat di sekeliling sekolah
Ø Perkantoran
Ø Stadion/
gedung olah raga
Ø Dan juga
sekolah-sekolah lain
b. Kondisi lingkungan sekolah
Berdasarkan hasil pengamatan kami, lingkungan
fisik dan fasilitas di SMAN 12 Banda Aceh butuh perkembangan baik dari
segi
guru maupun sekolah itu sendiri untuk bisa bersaing di masa yang akan
datang
untuk menciptakan generasi-generasi yang bermutu tinggi dan profesional.
f.
Interaksi Sosial
a. Hubungan guru dengan kepala sekolah
: Baik
b. Hubungan guru dengan guru
: Baik
c. Hubungan guru, pegawai dan tata usaha
: Baik
d. Hubungan guru dengan siswa
: Harmonis
e. Hubungan secara keseluruhan
: Baik
6.
Tata Tertib
a. Untuk guru
:
Ada
b. Untuk siswa
:
Ada
c. Untuk Pegawai
:
Ada
B. Pelatihan
Keterampilan Mengajar Dan
Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing
Pelatihan
guru secara dinilai dengan melaksanakan observasi lapangan, yaitu
mahasiswa
calon guru memperlihatkan, teknik dan metode yang digunakan guru pamong
untuk
menilai siswa ketika kegiatan belajar mengajar-mengajar berlangsung.
Dengan
syarat Silabus dan RPP sudah disiapkan agar dalam mengajar lebih terarah
dan
sesuai dengan GBPP. Kegiatan yang di monitoring langsung oleh guru
pamong
masing-masing, keterampilan mengajar dan tugas-tugas guru lainnya
dilakukan
secara terbimbing adalah :
1.
Membuat Rincian Minggu Efektif
2.
Membuat Program Tahunan dan Program Semester
3.
Membuat Silabus
4.
Membuat Pemetaan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Standar
5.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
6.
Mengajar di kelas dengan jadwal sebagai
berikut
NO.
|
JAM
|
HARI / KELAS
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1
|
1
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|
2
|
2
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
5
|
5
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
ü
|
6
|
6
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
ü
|
7
|
7
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
8
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7.
Melakukan evaluasi, mengabsen kehadiran siswa
8.
Membantu memberikan bimbingan kepada siswa
yang mengalami kesulitan belajar atau bermasalah
Semua
kegiatan belajar dikonsultasikan dengan guru pamong mengenai cara
membuat atau menyelesaikan masalah bimbingan dan
sela-sela
waktu jam pelajaran.
Selain
kegiatan teaching, mahasiswa
praktikan juga melaksanakan kegiatan non-teaching
yang berlangsung di luar jam mengajar di kelas. Diantaranya,
mengobservasi
kegiatan fisik sekolah, piket dan mengikuti kegiatan siswa.
C. Pelatihan
Keterampilan Mengajar
Secara Mandiri Dilakukan Setelah Adanya Pelatihan Mengajar Secara
Terbimbing
1.
Kegiatan Teaching
Kegiatan
teaching merupakan salah satu
kegiatan calon guru yang harus dilaksanakan selama menjalankan Praktek
Pengalaman
Lapangan (PPL), dimana mahasiswa praktikan melakukan kegiatan tatap muka
dengan
siswa sesuai dengan jam pelajaran yang sudah ditentukan oleh guru pamong
masing-masing sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut
guru
praktek harus mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang
berhubungan
dengan kebutuhan mengajar diantaranya dengan menyusun Silabus dan
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta media yang digunakan dalam
menyampaikan
materi pembelajaran.
2.
Kegiatan Non-Teaching
Selain
kegiatan teaching, guru praktikan
juga mempunyai tugas di luar jam pelajaran (non-teaching)
adapun kegiatan tersebut adalah :
a. Mengobservasi konsultasi dengan guru pamong
b. Mengadakan konsultasi dengan guru pamong
c. Menggantikan jam pelajaran untuk guru yang
tidak hadir
d. Melaksanakan piket yang telah ditentukan
jadwalnya
e. mengikuti nasehat rohani setiap hari Senin
Kegiatan-kegiatan
ini
merupakan hal-hal yang sangat penting bagi seorang guru praktikan,
karena
untuk melatih melaksanakan administrasi di sekolah yang kelak akan
dijumpai
pada situasi bila nanti menjadi seorang guru.
D. Menyusun
Laporan Akhir
Setelah
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, maka guru praktikan harus
membuat
sebuah laporan akhir tentang kegiatan yang telah dijalankan selama
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah praktikan. Hal ini merupakan
kewajiban
penting untuk melengkapi salah satu syarat pelaksanaan Praktek
Pengalaman
Lapangan (PPL).
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kegiatan-kegiatan
selama
melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu meliputi :
1.
Observasi Lapangan dilaksanakan pada Minggu
pertama setelah penetapan mahasiswa praktikan di antar supaya mengenal
sekaligus beradaptasi dengan lingkungan sekolah tersebut.
2.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan
suatu program mata kuliah yang harus dijalankan di lingkungan Fakultas
Tarbiyah, karena melalui kegiatan ini mahasiswa praktikan dapat
memperoleh
pengalaman yang sangat banyak atas profesi yang akan dijalan kelak.
3.
Pelatihan kegiatan mengajar dan tugas
keguruan lainnya secara terbimbing, kegiatan ini bertujuan agar calon
guru
mengetahui cara mengajar, pengelolaan kelas dalam situasi belajar
mengajar yang
baik.
4.
Kegaitan mengajar secara langsung oleh
mahasiswa praktikan secara mandiri, kegiatan ini bertujuan agar calon
guru
mendapat kesempatan langsung menerapkan apa yang harus diterapkan dalam
kegiatan belajar mengajar.
5.
Kegiatan praktek mengajar ini bertujuan untuk
mendapat atau memperoleh nilai dari guru pamong dan merupakan umpan
balik bagi
calon guru untuk keberhasilannya.
6.
Kegiatan terakhir adalah menyusun Laporan
Akhir yang bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan-kegiatan
yang
dilaksanakan selama praktikan.
B. Saran-saran
1.
Mahasiswa calon guru hendaknya benar-benar
mempersiapkan diri dan mengikuti kegiatan PPL dengan sungguh-sungguh.
2.
Sebaiknya pembekalan anak untuk mahasiswa
praktikan sudah diberikan pada saat Micro
Teaching, baik mengenai cara menyusun Silabus, Program Tahunan,
Program
Semester dan RPP yang sesuai dengan KTSP guna untuk menghadapi
masalah-masalah
yang akan timbul di lapangan nantinya, jangan cuma dasar-dasar
keterampilan
saja.
3.
Adanya informasi yang jelas dan persepsi
yang sama antara pihak IDC dan guru
pamong yang terkait untuk membantu jalannya pelaksanaan Praktek
Pengalaman
Lapangan (PPL).
4.
Harapan kami kepada sekolah agar terus
melakukan perbaikan dari segala segi yang masih dianggap minim.
5.
Harapan kami kepada sekolah agar menciptakan
kedisiplinan yang lebih baik lagi untuk menciptakan akhlak siswa yang
lebih
baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar